Be Kind To Yourself

HOW TO BE KINDER TO YOURSELF :



ü  Penuhilah kebutuhan dasarmu, seperti minum air yang cukup, jangan kurang tidur, sediakan waktu berolahraga, dan makan makanan bergizi.

ü  Buatlah jadwal ritual self care atau hal-hal yang membuat kamu happy. Misalnya nonton drakor tiap jumat, nonton film tiap sabtu, berpergian dengan keluarga atau dengan teman-teman tiap minggu. Sediakan waktu khusus, sesuaikan dengan jadwalmu.

ü  Luangkan waktu untuk belajar mengenal dirimu, apa yang kamu sukai dan inginkan. Caranya bisa lewat banyak membaca, journaling, ikut organisasi, ikut kelas/webinar. Segala kegiatan yang menurutmu menarik.

ü  Izinkan dirimu merasakan apa yang kamu rasakan. Kalau kamu sedih, jangan salahkan dirimu. Kalau kamu kecewa, berikan dirimu waktu. Jangan terbiasa memendam perasaan/berpura-pura semua baik-baik saja.

ü  Belajar jujur pada diri sendiri. Kamu nggak harus punnya keinginan dan kesukaan yang sama dengan mayoritas orang. It’s okay to be different.

ü    Belajarlah memaafkan dirimu sendiri. Maafin dirimu saat kamu tidak sempurna, membuat kesalahan, lupa, nggak bisa memutuskan. Maafkan dirimu untuk masa lalumu. Jangan terus menghukum dirimu dirimu dan menuntut segalanya sempurna.

ü  Izinkan dirimu memulai kembali. Jangan terus menurus memposisikan dirinya sebagai korban. Kamu punya pilihan.

ü  Izinkan dirimu istirahat. Capek itu wajar. Tubuhmu juga butuh waktu recharge. Jangan paksakan diri untuk selalu semangat itu nggak mungkin.

ü  Hargai dirimu untuk setiap pencapaian sekecil apapun itu. Gapapa kok untuk memuji dirimu dalam hati dan bilang “Kamu hebat sudah berjuang sejauh ini”

ü  Belajarlah menerima kenyatan. Jangan memaksakan diri mengendalikan hal yang di luar kendalimu.

ü  Jangan terbiasa “ngatain diri sendiri” dengan julukan-julukan, seakan sifat itu permanen. Misalnya saat kamu salah, jangan terbiasa bilang: “Aduh bodoh banget sih aku!“ kalimat ini akan mempengaruhi cara pandang mu terhadap dirimu.

ü  Milikilah prinsip hidup yang jelas dan berpeganglah pada hal hal itu. Bisa menetapkan standar untuk dirimu itu baik. Itu tandanya kamu menghargai dirimu, dan kamu sadar bahwa kamu berhak mendapatkan hal hal yang baik.

ü  Ingatlah masalah masalah yang sudah berhasil kamu lalui dulu dan sadarilah kamu luar biasa!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moana Movie Review

Resep Makanan Indonesia

Puisi