Pengantar Bisnis


PERBEDAAN MANAJEMEN DAN MANAGER
Menurut pendapat saya manajemen adalah adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sedangkan manager adalah seorang anggota kelompok atau organisasi yang bertugas mengarahkan, memadukan, mengawasi, dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota organisasi yang lain.

PENTINGKAH ILMU MANAJEMEN DALAM KEHIDUPAN
Menurut saya ilmu manajemen sangat berpengaruh dalam kehidupan saya, karena dengan adanya ilmu manajemen semua kegiatan yang ingin kita lakukan bisa terlaksana dengan sesuai harapan. Karena semua sudah terencana maka tidak ada yang terbengkalai. Sehingga akan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya. Tapi masih banyak orang yang mengira manajemen itu hanya dapat dilakukan pada kegiatan-kegiatan formal dalam perusahaan maupun organisasi formal lainnya. Padahal nyatanya manajemen dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Manajemen tidak terbatas pada sebuah organisasi tetapi bisa juga untuk diri sendiri dalam melakukan suatu pekerjaan. Contohnya seperti mengatur keuangan dalam rumah tangga, pengambilan keputusan, mengatur waktu antara bekerja dengan keluarga dan lain-lain.

PROSES MOTIVASI YANG TERJADI DALAM KEHIDUPAN
Motivasi pada dasarnya merupakan kebutuhan internal yang tak terpuaskan sehingga menciptakan tegangan-tegangan yang merangsang dorongan-dorongan dari dalam diri individu. Proses motivasi itu sendiri merupakan gabungan dari konsep kebutuhan, dorongan, tujuan dan ganjaran. Proses timbulnya motivasi dalam kehidupan sesorang antara lain adalah :
               ·       Kebutuhan yang belum terpenuhi
               ·       Mencari dan memilih cara-cara untuk memuaskan kebutuhan
               ·       Perilaku yang diarahkan pada tujuan
               ·       Evaluasi prestasi dengan kemampuan, keterampilan dan pengalaman
               ·       Imbalan (reward) atau hukuman (punishment) yang diterima
               ·       Kepuasan terhadap kebutuhan
               ·       Menilai kembali kebutuhan yang belum terpenuhi

ORGANISASI
Organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.

DAMPAK MASUK KE DALAM ORGANISASI FORMAL
Menurut pendapat saya organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang menikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh dari organisasi formal dalam lingkungan mahasiswa ialah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa, dan lain-lain. Contoh dari organisasi formal dalam lingkungan masyarakat ialah PT Pos Indonesia, Lembaga Swadaya Mayarakat (LSM), Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dan lain-lain.
Organisasi formal memiliki dampak baik bagi seseorang yang masuk kedalam organisasi tersebut diantaranya adalah timbulnya semangat kerja, mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam organisasi tersebut. Setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya. Dengan demikian, manfaat organisasi lainnya dapat memacu semangat anggota untuk saling bekerja sama agar tujuan yang hendak mereka capai bisa terwujud. Hal-hal kita dapatkan dalam mengikuti organisasi formal adalah dapat melatih diri kita untuk menjadi pemimpin, menambah wawasan, mengasah kemampuan sosial, meningkatkan kepercayaan diri , membentuk pola pikir yang baik,dan meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moana Movie Review

Resep Makanan Indonesia

Puisi