Tugas 6 Pengantar Bisnis
PASAR
Pasar
atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna
melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan
jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada
umumnya, pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat
tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis. Adanya sistem
jaringan komunikasi modern dapat meniadakan hambatan atau batasan-batasan
geografis, sehingga dapat memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa
harus saling melihat wajah satu sama lain.
Dalam
ilmu ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta
penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan
permintaan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu.
Pengertian pasar lebih merujuk kepada semua aktivitas penawaran dan permintaan
termasuk didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.
Pada
prinsipnya, aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan
adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual. Penjual
mempunyai kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang seharusnya untuk
diproduksi serta yang akan di distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau
konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai
dengan tingkat daya belinya.
PASAR
KONSUMEN, PASAR INDUSTRI, PASAR RESELLER DAN PASAR INTERNASIONAL
PASAR KONSUMEN
Pasar
konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan
barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar konsumen ini merupakan target
calon konsumen yang akan kamu targetkan dalam memasarkan produk yang akan
dijual.
PASAR
INDUSTRI
Pasar
industri atau disebut juga pasar produsen atau pasar bisnis adalah pasar yang
terdiri dari perorangan dan organisasi yang
memerlukan barang dan jasa untuk diproduksi menjadi barang dan jasa dalam
bentuk lain untuk selanjutnya dijual, disewakan atau diserahkan kepada pihak
lain. Pasar industri utama meliputi, perikanan, pertambangan, pertanian,
kehutanan, manufaktur, kontruksi, komunikasi, transportasi, utilitas umum,
perbaikan, keuangan, dan asuransi serta jasa.
PASAR
RESELLER
Pasar
reseller atau disebut juga pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari
individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk
dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
PASAR
INTERNASIONAL
Pasar
internasional adalah pasar yang memungkinkan terjadinya jual-beli antar negara.
Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam
lingkungan pemasaran di negara-negara tempat suatu organisasi melakukan bisnis.
Pasar internasional berhubungan dengan kebutuhan suatu negara terhadap suatu
produk yang belum mampu dipenuhi oleh negara itu sendiri, serta keinginan suatu
negara untuk melakukan ekspansi.
MEREK, SIMBOL MEREK, DAN TANDA MEREK
MEREK
Merek adalah
suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai
sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan
jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Merek yang kuat
ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang
tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen
terhadap merek yang tinggi.
Dengan
adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan yang lian diharapkan
akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya
berdasarkan berbagai pertimbangan serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu
merek (brand loyalty). Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek atau brand yaitu
dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu merek. Contohnya seperti,
Kacang Dua Kelinci, Tolak Angin, Indomie, dan sebagainya.
SIMBOL
MEREK
Simbol
Merek adalah lambang untuk mendefinisikan ciri khas atau arti lambang suatu
produk atau lambang yang dikemas dengan tujuan membedakan produk satu dengan
yang lainnya. Contohnya seperti simbol merek Mcdonald’s dan Baskins Robbins terdapat
huruf R yang dilingkari yang artinya Registered Trade Mark dan menunjukkan
bahwa merek dagang tersebut telah terdaftar di kantor paten negara asal produk.
TANDA
MEREK
Tanda
Merek adalah bagian dari merek yang dapat dikenali, tanda merek ini berupa logo
atau gambar. Contohnya seperti sepatu merek Puma yang bertanda hewan puma yang
sedang berlari dan tas merek Louis Vuitton yang bertanda huruf “L” yang
ditimpa dengan huruf “V”.
UNSUR-UNSUR WIRASWASTA
1. Unsur
Pengetahuan
Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang
memiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh
tingkat pendidikan orang bersangkutan. Semakin tinggi dan semakin luas
pendidikan seseorang, semakin tinggi dan semakin luas pula pengetahuannya.
Kedalaman pemahaman akan diperoleh seseorang bilamana ia mendalami bidang yang
digelutinya. Sedangkan orang yang lebih mementingkan pengetahuan luas pada
umumnya akan menjadi generasis. Selain diperoleh dari pendidikan formal,
pengetahuan juga dapat berkembang dari “ belajar sendiri”. Dalam dunia usaha
yang kompleks, diperlukan kemampuan yang konseprehensif. Karena itu, wiraswatawan
dituntut untuk mempunyai keluasan pengetahuan dan kemampuan penalaran yang
tinggi.
2. Unsur
Keterampilan
Unsur keterampilan pada umumnya diperoleh melalui
latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswatawan yang dilengkapi dengan
keterampilan tinggi akan mempunyai peluang keberhasilan yang lebih tinggi.
Keterampilan yang dimilikinya akan memudahkan dan memperlancar penyelesaian
berbagai tugas yang harus dijalaninya.
3. Unsur
Sikap Mental
Unsur sikap mental menggambarkan reaksi sikap dan
mental seseorang ketika menghadapi sesuatu situasi. Untuk berwiraswasta, secara
umum dituntut adanya sikap mental yang fleksibel, sesuai dengan tuntutan dan
perkembangan keadaan, dinamis, kreatif, dan penuh inisiatif. Pada situasi yang
menguntungkan, wiraswastawan jempolan akan melaksanakan pekerjaannya tepat
waktu sehingga kesempatan yang ada tidak hilang begitu aja. Sebaliknya, pada
kondisi yang tidak menguntungkan,mereka mampu menunda dan menangguhkan
melaksanakan suatu pekerjaan dan memikirkan alternative kesempatan orang
lain.
4. Unsur
Kewaspadaan
Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan
dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan datang. Kewaspadaan
berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang
mungkin terjadi atau di duga akan dialami. Sehubungan dengan itu, berwiraswasta
juga berarti perlu mempertimbangkan sikap defensive atau ofensif. Bila sikap
defensive yang dipilih, berarti wiraswastawan akan memikirkan strategi, taktik,
dan rencana tindakan yang bersifat menghindari, mencegah, membelokkan,
menutupi, ataupun memperkecil ha-hal yang merugikan pihaknya. Bila sikap
ofensif yang dipilih, wiraswastawan justru mencoba melihat keuntungan yang
dapat diperolehnya dari sesuatu yang diduganya akan terjadi. Dengan demikian,
segala upaya berupa pemikiran ataupun tindakan ditujukan untuk memanfaatkan
setiap kejadian dan kesempatan yang ada secara tepat dan sebaik mungkin, guna
menghasilkan sesuatu yang berguna baginya.
MAKNA E-COMMERCE DAN TANTANGAN BAGI PENGEMBANGAN WIRAUSAHA DI INDONESIA
E-Commerce adalah aktivitas penyebaran,
penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan
jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Indonesia
sempat masuk dalam daftar negara dengan potensi pertumbuhan industri e-commerce
yang cerah, namun hal itu tidak membuat perjalanan industri e-commerce
Indonesia berjalan mulus. Bahkan sempat pula dikatakan masih banyak pelaku
industri yang merugi. Dinamika tersebut tentu ada sebabnya. Berikut tantangan
yang harus dihadapi untuk membuat bisnis E-Commerce di Indonesia terus
berkembang, yaitu :
1. Banyaknya
pengguna Internet yang tak sejalan dengan tingkat penjualan e-commerce.
2. Akses
belanja online di Indonesia masih didominasi oleh kalangan professional.
3. Konsumen
Indonesia masih menyukai belanja online lewat cara “konvensional”.
4. Masih
terbatasnya layanan pembayaran dan keperluan logistik.
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar