Tugas 4 Pengantar Bisnis
MANAJEMEN
Manajemen adalah suatu
proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh
individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau
target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan
sumber daya yang tersedia.
DAMPAK MEMPELAJARI ILMU
MANAJEMEN
Dengan mempelajari ilmu
manajemen tentu berdampak bagi seseorang terutama dalam kehidupan sehari-hari
seperti :
· Dapat membantu dalam membuat strategi yang
baik dengan menggunakan sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis,
· Meningkatkan kesadaran dengan adanya
ancaman eksternal sehingga akan terbiasa mempersiapkan rencana lain atas
kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar,
· Dapat mengetahui dengan baik mengenai
strategi pesaing sehingga akan lebih mudah mengahadapinya mendorong pemikiran
ke masa depan, sebab dengan mempelajari manajemen kita telah belajar
menganalisis rencana,
· Menjadikan kooperatif, terintegrasi, dan
antusias untuk menghadapi masalah dan peluang, dapat merepresentasikan kerangka
kerja untuk aktivitas kontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik
yang dapat mengatur rencana kegiatan kita,
· Mendorong terciptanya sikap positif akan
perubahan dalam diri kita.
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN FUNGSI MANAJEMEN
No.
|
Fungsi
|
Keuntungan
|
Kerugian
|
1.
|
Perencanaan
|
Membuat
pelaksanan tugas menjadi tepat serta aktivitas tiap unit akan terorganisasi
ke arah tujuan yang sama.
|
Mempunyai
hambatan psikologis bagi pimpinan dan staff karena harus menunggu dan melihat
hasil yang akan dicapai
|
2.
|
Pengorganisasian
|
Menciptakan
spesialisasi saat menjalankan tugas
|
Akibat
organisasi manajemen yang buruk produktivitas berkurang
|
3.
|
Pemimpinan
|
Mengimplementasikan
suatu proses kepemimpinan, pembimbingan, dan memberikan motivasi kepada
pekerja agar bekerja dengan efektif serta efisien dalam mencapai tujuan yang
ditetapkan
|
Mempunyai
tantangan.
|
4.
|
Pengendalian
|
Memberi
alternatif solusi atas masalah yang terjadi dalam mencapai tujuan yang
ditetapkan
|
Hasil
yang diberikan kadang kurang sempurna untuk mengindikasikan apakah tindakan
yang baik sudah dilakukan karena hasil tersebut tidak memenuhi syarat
pengukuran yang baik (kesesuaian, ketepatan,objektivitas, ketepatan waktu,
atau saling pengertian).
|
ORGANISASI
Organisasi adalah
sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan
tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Pada umumnya organisasi akan
memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan,
seperti; uang, mesin, metode/ cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber
daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.
MASUK KEDALAM ORGANISASI
Menurut pendapat saya
banyak orang-orang yang ingin masuk ke dalam organisasi karena ingin
mengexplore potensi dan mengasah kemampuan yang ada dalam diri mereka dan ingin
merealisasikan apa yang sudah mereka
dapatkan untuk mencapai visi, misi, serta tujuan bersama. Dengan masuk ke dalam
organisasi juga dapat menambah pengalaman dan wawasan, menambah relasi, melatih
jiwa kemimpinan, mengembangkan kemampuan public speaking, dan lain-lain.
4 FUNGSI MANAJEMEN
1. Perencanaan
(Planning)
Dalam
definisi tersebut mengatakan bahwa fungsi dasar pertama dari Manajemen adalah
Perencanaan dan Pembuatan keputusan. Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning
adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk
mencapainya. Sedangkan Pembuatan Keputusan adalah bagian dari Perencanaan yang
berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk
mencapai sasaran organisasinya. Dalam perencanaan harus memiliki batas waktu
hingga kapan tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung
jawab atas tugas tersebut.
2.
Pengorganisasian
(Organizing)
Setelah
membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah ataupun tugas-tugas untuk
mencapai sasaran organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah mengorganisir
orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan
yang ditetapkan. Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian
(Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan
dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam
organsasi yang bersangkutan.
3.
Pemimpinan
(Leading)
Setelah
menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang diperlukan, Fungsi
ketiga Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi
manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan (Leading) dalam
Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang
berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi.
Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi
serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah
direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.
4.
Pengendalian
(Controlling)
Fungsi
Manajemen yang terakhir adalah Pengendalian atau Controlling, Fungsi
Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang
digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau
perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan
korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi pengendalian ini,
seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang
terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.
3 KETERAMPILAN MANAJEMEN MENURUT ROBERT L. KATZ
Berikut
ini adalah 3 keterampilan manajemen dasar yang wajib dimiliki oleh seorang manajer
dalam menjalankan fungsi manajemen menurut Robert L. Katz.
1. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan
Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi
sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi
pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman
tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan
pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya.
Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi, industri
dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik, sosial
dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan
pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top
Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil
tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
2. Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity
Skills)
Keterampilan
berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer
untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun
pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini
akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi
karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para
Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di
perusahaan.
3. Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan
Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu
dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan
dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan
mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan
laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain
sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi
manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki
oleh manajemen tingkat atas.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar